Bagaimana Cara Install Project LARAVEL Di Local ?

Code Candil Kuya - Cara Install Project LARAVEL  Sebenarnya ini adalah hal yang simpel. Tapi beberapa developer masih ada yang kebingungan saat setup Dev Environment di komputer lokal. Hal pertama yang harus di lakukan adalah melakukan clone ke repositori target. Saya asumsikan disini sudah terinstall Git di mesin lokal, dan mempunyai akses (minimal Read) terhadap repositori target.

Cara Mudah Install Project Laravel

Sebagai contoh, disini saya akan melakukan clone project di repositori public Yang Sudah Saya Upload Sebelumnya. saya akan melakukan clone dari repositori laravel Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Sekolah berbasis PHP Laravel

Install Depedency

Depedensi adalah sekumpulan library yang dibutuhkan oleh aplikasi laravel kita, termasuk framework Laravel itu sendiri. List depedensi dapat dilihat pada berkas composer.json . Untuk menginstall semua depedensi, gunakan perintah composer install dan composer akan melakukan penelusuran depedensi apa saja yang dibutuhkan aplikasi, lalu mengunduhnya kedalam folder vendor . Sekali lagi, saya asumsikan disini sudah terinstall composer di mesin masing masing.

Loading composer repositories with package information
Installing dependencies (including require-dev) from lock file
Package operations: 59 installs, 0 updates, 0 removals
  - Installing doctrine/inflector (v1.1.0): Downloading (100%)         
  - Installing erusev/parsedown (1.6.1): Downloading (100%)         
..............panjang sekali disini, dan butuh waktu lama.........
Di tahap ini, biasanya prosesnya cukup lama. Tergantung koneksi internet, dan cache si composer.

Setup Environment Variable

Setelah composer install selesai, kemudian kita butuh membuat file .env di folder aplikasi kita. Namun, biasanya sudah ada file sampelnya. Kita cukup menyalin file itu saja (atau mengikuti README masing masing project).

cp .env.example .env
Kemudian isikan semua pengaturan yang perlu kamu masukkan, biasanya yang penting adalah pengaturan koneksi database.
Tidak kalah penting, jika dalam sampel .env tadi masih belum memiliki APP_KEY bisa menyebabkan error seperti di bawah ini.


Solusinya, cukup menjalankan perintah ini di terminal

php artisan key:generate

Migrate & Seed

Langkah selanjutnya adalah melakukan migrate & seed dengan menjalankan perintah berikut ini

php artisan migrate --seed

Output 


Run Local Dev Server

Setelah semua sudah berhasil, langkah selanjutnya jalankan local server dengan perintah

php artisan serve

Done. Selamat mencoba

Penutup, Cukup Sekian Text Tutorial Yang Bisa Saya Bagikan Di Kesempatan Kali Ini, Jika Ada Pertanyaan Bisa Anda Bisa Menyisipkan Di Kolom Komentar. Semoga Bermanfaat Jangan Sungkan Untuk Berkunjung Kembali. Dan Jika Ada Pihak Yang Merasa Dirugikan, Jangan Sungkan Sungkan Untuk Berkomentar Atau Menghubungi Saya Melalui Halaman Kontak.